Penyebab Sakit

Ada seorang teman yang bertanya sebenarnya orang yang sakit, sebabnya karena apa sih? Saya tahu sebenarnya dia sudah tahu, cuma pura-pura bertanya. Jadi aku juga pura-pura tahu dan sok tahu. Terus aku jawab begini :

Seseorang menderita sakit disebabkan oleh karena beberapa sebab, antara lain adalah yang adalah dari : sunatullah, pikiran dan perasaan, makanan, lingkungan dan faktor lainnya.

Yang pertama, sakit yang datang karena kehendak dari Allah. Yang ini sulit untuk dijelaskan. Itu adalah hak Allah sepenuhnya. Sebabnya juga tidak dapat dijelaskan. Terserah kepada Allah. Jika Allah berkehendak sembuh, maka sembuhlah seseorang dari penyakit. Obatnya apa? Apa saja bisa menjadi obat, jika Allah menghendaki. Barangkali sakit itu malah  justru sebagai ujian kepada hamba-NYA. Siapa tahu?

Yang kedua dari pikiran dan perasaan! Pikiran dan perasaan sangat bisa mempengaruhi kesehatan. Juga mempengaruhi keseluruhan metabolisme tubuh. Dan seringkali pikiran membuat orang sakit. Sakit model ini disebabkan dari pengaruh luar.

Perkataan, omongan, perilaku dan tindakan orang-orang di sekeliling kita, seringkali membuat tidak nyaman. Jika tidak sabar dan tidak mampu menyaring dengan baik, maka pengatuh dari luar itu akan membuat menjadi kita menjadi marah, jengkel, emosi, iri hati hati dan dendam.

Jika kita kemudian membalas, maka akan semakin berkobarlah emosi dan ini akan semakin merusak. Sebab itu akan membuat sakit hati. Dan selanjutnya menjadi sakit betulan secara fisik. Orang sering tidak sadar atas penyebab sakit yang satu ini. Padahal jumlahnya semakin meningkat, dari hari ke hari.

Yang ketiga adalah dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makanan bisa bermanfaat, tetapi sekaligus juga dapat memberi efek yang negatif. Dan membuat sakit. Jika jumlahnya terlalu banyak atau terlalu sedikit, atau jika salah makan.

Yang mesti diperhatikan makanan yang baik itu bukan saja hanya bahannya baik, tetapi cara mendapatkannya juga mesti baik. Jangan makan makanan haram dan yang diperoleh dengan cara yang  tidak halal.

Sayangnya orang sering memprioritaskan hanya kepada makanan. Harus makan ini dan itu, agar sehat. Padahal barangkali yang sakit justru pikirannya. Kalau sudah begitu, makanan tidak ada artinya. Yang harus disembuhkan, ya pikiran dan perasaannya terlebih dahulu.

Yang keempat adalah lingkungan. Lingkungan yang tidak sehat, kotor, bising, pengap dan kurang udara dapat membuat orang sakit. Contohnya adalah Covid-19 yang membuat korban terus bertambah. Dan mempengaruhi seluruh kehidupan manusia, melalui penyebarannya yang meluas.

Yang ke lima faktor lain. Salah satunya, karena sudah dipakai sekian lama, maka kemampuannya semakin menurun, kekuatannya berkurang, akurasinya turun. Misalnya jika sudah lebih dari 65 tahun, ya wajar saja kalau mulai banyak keluhan, tubuh menjadi rentan terhadap pengaruh dari luar. Sudah waktunya turun mesin hehehe  …

Meskipun begitu semua produk memiliki life time, masa hidupnya. Pemeliharaan akan menentukan usia produk. Ada yang baru dipakai 50 tahun sudah mulai rewel dan ngadat. Sebaliknya ada yang sudah lebih 70 tahun, malah masih tidak ada ganguan yang berarti. Tetap handal! Kinerja dan kehandalannya tergantung pada pemeliharaan.

Jadi baik-baiklah dan pastikan melakukan pemeliharaan dengan baik. Minum vitamin, beristirahat yang cukup, olahraga dan berfikir positif.

Akhirnya jika penyebabnya adalah kombinasi dari beberapa hal tersebut diatas, mesti disembuhkan dulu satu per satu. Dan itu pasti bakal butuh waktu. Disinilah perlunya tetap berusaha dibarengi kesabaran, ikhlas dan tawakal.

 Wallahu’alam  …

KMO :  5 Juli 2020
KPA – Dari Rumah Saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *