Mencegah Sakit

Yang pertama jika sebabnya ketentuan Allah, maka kita harus berserah diri, ikhlas dan menerima dengan sabar dan tawakal. Berbaik sangkalah. Barangkali Allah sedang menguji dan memberikan sakit kepada si penderita.

Yang kedua bersihkan pikiran dan perasaan dan membuang semua pengaruh dari luar yang negatif kepada diri kita. Jangan biarkan omongan, perilaku dan tindakan orang lain; mampu membuat kita lupa diri dan tidak dapat menguasai diri. Lalu membuat kita menjadi emosi, marah, sakit hati dan dendam.

Bersihkan semua emosi dan pikiran tersebut dan gantilah dengan hal-hal yang positif. Pikiran yang membangun kepercayaan diri. Dan yang membuat kita mampu bersyukur kepada Allah.

Yang ketiga makanlah makanan yang halal dan baik. Yang mengandung gizi, vitamin dan bermanfaat. Jangan makan berlebihan dan melebihi takaran, sehingga perut dan pencernaan kuwalahan memprosesnya. Juga jangan memakan makanan yang haram. Baik materinya yang haram, maupun cara memperolehnya yang tidak halal. Sebab makanan jenis ini tidak membuat sehat, malah sebaliknya akan membuat sakit.

Yang keempat jagalah lingkungan. Pastikan lingkungan bersih, sehat, cukup udara, cukup mendapat sinar. Dan tidak terlalu berisik atau bising, yang membuat emosi menjadi naik.

Yang kelima terimalah kondisi apa adanya. Semakin tua harus menyadari kemampuannya menurun, kekuatannya berkurang, akurasinya semakin hilang. Ini harus disadari dan diterima dengan lapang hati.

Semua yang di atas itu dapat kita lakukan dan usahakan, tetapi yang menentukan adalah Yang Maha Sehat. Jangan lupa berlindunglah dan mintalah kepada-NYA. Semoga anda semua diberikan kesehatan yang bermanfaat bagi diri sendiri, sesama dan lingkungan sekitar. Aamiin

Wallahu’alam

KMO : 5 Juli 2020
KPA – Dari Rumah Saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *