Jaga Jarak

Sekarang ini jaga jarak menjadi jargon. Untuk mencegah penularan Covid-19, jagalah jarak. Physical distancing. Dengan menjaga jarak, bisa menyelamatkan diri dari penyebaran virus corona.

Sebenarnya jika direnungkan dengan baik, jarak yang terlalu dekat membuat orang tidak dapat menilai sesuatu dengan cermat. Jika terlalu dekat membuat suatu keburukan atau keindahan, menjadi tidak terlihat. Sebab karena terlalu dekat, jadi sudah terasa seperti biasa saja! Ini dapat menurunkan awareness, dan membuat terlena.

Sebuah Gunung jika dari dekat, tidak ada bagus-bagusnya. Trek yang terjal, jurang dalam, suhu yang dingin. Semua membuat tidak nyaman. Tetapi cobalah menjauh. Lihatlah dari jauh. Betapa indahnya sebuah gunung! Al-Quran bahkan beberapa kali menyebut gunung dan penciptaan-NYA. Puluhan puisi lahir dari keindahan gunung.

Begitu juga kita. Sewaktu-waktu berilah jarak dari kesibukan, rutinitas dan kebosananmu. Dengan menjaga jarak yang cukup, akan membuat kita dapat melihat keburukan dan keindahannya. Menjaga jarak memberi kesempatan untuk melihat dari jauh, sehingga memperoleh gambaran yang lebih menyeluruh.

Dari jauh semua akan tampak lebih transparan, sesuatu akan lebih jelas dalam hubungannya antara satu dengan yang lain. Menjaga jarak membuat kita dapat melakukan evaluasi; apa saja yang sudah dilakukan dan progresnya bagaimana? Dari jauh lebih mudah melihat kejanggalan, kesalahan, error. Selain itu juga hal-hal positif, keberhasilan dan kesuksesan. Sekaligus diperoleh alternatif, mengoreksi kesalahan yang terjadi.

Sesekali menjauhlah dari dunia. Untuk memperoleh sesuatu yang berharga dan bernilai, mesti berani menjaga jarak. Sidharta Gautama meninggalkan istana, mengembara dan menjadi Budha, dibawah pohon Bodhi. Muhammad meninggalkan dunia, melakukan uzlah di Goa Hira’ dan mendapat wahyu pertama disana : “Bacalah …!“.

Akhirnya berilah jarak yang cukup, sampai engkau mampu melihat sesuatu yang tak dapat enghau lihat ketika dekat.

Wallahu’alam

Senin Kliwon, 8 Juni 2020
KPA – Di Rumah Saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *