Pesan Dibalik Film FROZEN II

Hari Senin kemarin malam aku diajak anakku nonton film Frozen II. Ini kelanjutan dari Frozen I, itu film yang sangat diminati dan ditonton banyak orang. Penasaran ingin melihat bagaimana sutradara dan penulis scenario membuat lanjutan film berdasarkan cerita fiksi anak-anak, jadilah aku ikut menonton. Kebetulan Studio XXI di Citra Tower, dekat rumah sedang menayangkan film itu.

Dan di layar lebar itu Putri Elsa, Anna, bersama Olaf, Sven dan Kristoff kembali berpetualang dalam cerita arahan sutradara Jennifer Lee dan Chris Buck. Itu kisah baru yang lebih kompleks dan mengundang emosi.

Elsa (Idina Menzel) diceritakan telah menjadi ratu di Arendelle dan Anna (Kristen Bell) hidup bahagia bersama orang-orang yang ia sayangi. Sayang, kebahagiaan mereka harus terhenti, sebab ada misteri yang terus membuat Elsa merasa terpanggil untuk memecahkannya. Pada saat-saat tertentu, alunan lagu selalu terdengar di telinganya. Dan itu membuatnya penasaran dan ingin tahu.

Dan alur cerita pun bergerak cepat. Terasa terlalu cepat, karena belum memahami suatu sekuen situasi, gambar sudah melompat ke situasi lain sekuen yang membutuhkan waktu untuk menangkap alur ceritanya.

Entah mengapa aku menangkap “pesan halus” dari rangkaian gambar dan lagunya, yang bermakna sesuatu yang bersifat spiritual.

Dalam proses memecahkan misteri itu, Elsa seakan mencari dirinya sendiri. Dan cara yang ditempuhnya juga sangat luar biasa. Dengan kekuatan sihirnya, Elsa menaklukan unsur : angin, api, air dan tanah. Ke empat itu sebenarnya adalah unsur kehidupan, kan?

Dan dalam perjuangannya Elsa sebenarnya tidak mau diikuti oleh Anna adiknya, karena tahu medan yang akan ditempuhnya luar biasa keras dan berbahaya. Tetapi Anna berkeras-hati mengikuti. Alasannya untuk mengingatkan Elsa, apabila dia melewati batas kekuatannya.

Dan benar saja Elsa nyaris meninggal sebab terjebak dalam kebekuan es yang abadi. Untunglah Anna datang tepat pada waktunya dan menyelamatkan Elsa. Moral story : kejernihan berfikir seringkali dapat menyelamatkan kekuatan yang tidak terkendali.

Akhirnya Elsa mampu mengatasi semuanya. Termasuk mendamaikan dua suku yang saling bertempur, padahal sebenarnya mereka adalah pasukan ayah dan ibunya. Elsa bahkan mampu menahan gelombang air bah dari bendungan yang dipecahkan oleh Raksasa Tanah, yang akan menghancurkan Kerajaan Arendelle.

Oh iyaa … ada tujuh lagu dalam film ini. Dan lirik lagu-lagunya jika direnungkan dengan baik, juga terasa begitu “dalam” dan menyuratkan pesan spiritual. Coba perhatikan lirik lagu yang ini :

THE NEXT RIGHT THING
(dinyanyikan Kristen Bell sebagai Anna)

I’ve seen dark before, but not like this
This is cold, this is empty, this is numb
The life I knew is over, the lights are out
Hello, darkness, I’m ready to succumb

I follow you around, I always have
But you’ve gone to a place I cannot find
This grief has a gravity, it pulls me down
But a tiny voice whispers in my mind

 Lirik yang maknanya bisa merambah ke alam sana. Dalam kegelapan dan keputus-asaan, selalu ada bisikan suara lirih di dalam jiwaku (a tiny voice whispers in my mind), yang menyelamatkan.

Akhirnya … nonton aja deh. Sekali-sekali jadi anak kecil lagi dan melihat magic yang dapat memudahkan semua masalah dan persoalan. Barangkali menjadi anak kecil lagi, dapat membuat kita jadi lebih dapat bersyukur.

Begituuu …

KMO, 10 Desemberv 2019
KPA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *