Sehat & Berfikir Positif

Sehat menjadi tujuan setiap manusia dalam menjalani hidup ini. Tanpa tubuh sehat, tidak mudah menikmati dan hidup di dunia. Oleh sebab itu, segala macam cara ditempuh manusia untuk menjadi sehat. Melalui makanan, nutrisi, protein. Ada juga yang vegetarian. Ada yang dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Termasuk juga melakukan olah nafas dengan metode tertentu dan khusus. Semua itu dilakukan demi menjaga kesehatan.

Jika menderita sakit, manusia berusaha sekuat tenaga untuk mengatasi sakitnya itu. Lalu dibuatlah segala macam obat-obatan. Ada yang mimiawi dan ada juga ramuan herbal. Pendek kata manusia berusaha dengan segala macam cara, agar tetap sehat.

 Kemudian manusia mengkonsumsi obat-obatan dan ramuan tertentu yang sudah terbukti khasiatnya itu, untuk menjaga kesehatannya. Begitu percayanya manusia kepada obat-obatan yang manjur itu, sehingga menjadi sangat tergantung kepada obat-obatan itu. Manusia lupa kepada Yang Memberi Khasiat pada obat itu.

Pada sisi lain manusia sering lupa bahwa yang membuatnya sakit, (barangkali) adalah karena makanan dan perilakunya sendiri. Penyakit itu bisa datang melalui makanan yang dikonsumsi, pikiran yang selalu negatif, emosi yang meledak tanpa kendali, hubungan dengan manusia lain yang tidak harmoni. Semua hal itu sangat  berpengaruh terhadap kesehatan manusia.

Alih-alih tergantung kepada obat-obatan, seyogyanya manusia aktif dalam menjaga kesehatan. Dengan senantiasa menjaga makanan, fikiran, emosi dan hubungan; manusia akan selalu sehat. Jika mampu melakukan itu, maka obat-obatan dan suplemen hanya sebagai tambahan nutrisi saja. Memang kita masih membutuhkan obat, tetapi itu bukan lagi hal yang utama.

Kelihatannya mudah dilakukan, tetapi itu pada prakteknya sulit dilakukan. Menurut saya percuma saja minum obat-obatan yang mahal dan manjur, tetapi pola hidup tidak berubah.

Jika masih makan sembarangan, fikirannya kemana-mana, masih emosional, pemarah, sakit hati, iri hati, dengki, bermusuhan dengan orang lain. Selama masih begitu obat tidak akan mampu menyembuhkan. Percuma!

Akhirnya yang memungkinkan itu, manusia mesti bersandar kepada ridha Allah Swt. Bacalah bismillah sebelum makan. Berfikirlah positif tentang segala sesuatu. Yakinlah Allah Swt berada dibalik itu semua.

Jaga emosi. Sekali-sekali lihatlah masalah dari kacamata orang lain, bukan hanya dari persepsimu sendiri. Jagalah dan basuhlah hati dengan dzikir. Perbaikilah hubunganmu dengan manusia lain, dengan kesadaran manusia ditakdirkan sebagai khalifah Allah.

Wallahu’alam

KMO : Ahad Kliwon, 9 Juni 2019
Ki Pandan Alas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *