PilPres Bikin Stress

Pemilu yang paling ruwet di dunia sudah selesai. Seluruh dunia melihat kita. Kita patut bersyukur pada hari pemungutan suara, semua berlangsung aman dan lancar. Mudah-mudahan sampai nanti bakal happy-ending. Semua berlangsung lancar dan aman.

Sekarang ini efek eforianya sedang melanda seluruh negeri. KPU sudah pasti deg-degan. Jadi wasit dimana kedua pemainnya, semua merasa menang. Malah sudah ada yang melakukan deklarasi kemenangan. Pasti tidak mudah memutuskan pemenangnya. Data dan informasi mesti akurat dan dapat diklarifikasi dengan cepat dan tepat.

Tidak mudah memang menghadapi kenyataan apalagi sebuah kekalahan. Banyak yang tidak sanggup menerima menyataan, tatkala (nanti) dia kalah. Walaupun nanti data dan faktanya mengatakan begitu. Pokoknya harus menang! Kalau kalah, berarti ada yang salah. Tidak ada alternatif kalah! Wah ini sebuah kenyataan yang benar-benar terjadi di Indonesia.

Saya hanya sekedar khawatir, jika yang terjadi sebaliknya. Kira-kira bagaimana ya? Biar sajalah, nanti kan ada juri yang menentukan. Gitu aja kok repot, ya kan?

Yang dikhawatirkan jika ada yang tidak mau menerima kekalahan. Lalu membuat keributan. Ini yang bakal menyusahkan. Suatu keributan pasti bisa merusak rasa kebersamaan. Lalu menjadi sebab terjadi dikotomi: AKU dan KAMU. Tidak ada lagi KITA! Gawat dah.

Itu hanya bentuk kecemasan. Was-was dan kekhawatiran saja. Mudah-mudahan tidak akan terjadi seperti itu. Semoga saja masing-masing mampu bersikap dewasa dan bersikap kstaria. Mengakui kalah dan memberikan pengakuan kepada si pemenang. Memang ini gampang diomongkan sih.

Semoga sajalah muncul kesadaran masing-masing. Masih banyak yang harus dilakukan demi kepentingan bersama. Yang kalah mestilah Legowo! Dan memberi kesempatan pemenang, untuk mengurus negara.

Dan alih-alih terus bermusuhan, seyogyanya kembali saling mendukung, agar Indonesia semakin maju dan berkembang.

Ini sebuah utopia yang mudah diucapkan, tetapi sulit dilakukan.

Maaf jika salah …

KMO : Jumat Wage, 19 April 219
herulegowo@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *