Jangan Mencaci & Memaki

Memasuki tahap akhir Pilpres, situasi begitu panas. Perebutan pengaruh semakin ganas. Masing-masing berusaha keras untuk menang dengan caranya sendiri. Tidak jarang saling ingin menang, dengan segala cara. Menyebar hoax, mencaci-maki, menjelekkan dan mendiskreditkan lawannya. Bahkan sampai menghancurkan karakter musuh politiknya. Sungguh politik eh kepentingan politik begitu mengerikan sekali!

Padahal Allah Swt sudah berfirman agar jangan saling memperolok-olok dan mengejek kepada sesama manusia. Seyogyanya semua manusia saling menghormati dan menghargai. Tetapi iblis berada dimana-mana. Iblis memasuki seluruh kehidupan manusia. Berusaha mempengaruhi dan menyeret manusia agar tidak mengikuti perintah Allah Swt.

Dan manusia yang tidak sadar, semua hanyut dan terbawa kepada bujukan manis iblis. Dengan penuh retorika dan emosi yang meluap-luap mencaci-maki lawan-lawannya, juga lawan politiknya. Masing-masing berusaha menjatuhkan dan mematikan lawannya, agar jalan menuju ambisinya mulus terbentang di depan mata.

Jika direnungkan dengan cermat, peringatan Allah Swt pada QS. Al-Hujuraat ayat 11 diatas, mengisyaratkan agar jangan saling menjelekkan makhluk ciptaan-NYA. Makhluk itu hanya ciptaan. Terserah Sang Pencipta ingin membuatnya menjadi seperti apa? Baik dan buruk, baik secara fisik; maupun tabiat dan perilaku adalah hasil ciptaan-NYA.

Makhluk yang diciptakan-NYA hanya bergerak dan berbuat sesuai program yang sudah dibuat untuk dirinya. Ibarat sebuah komputer atau robot pintar yang bergerak dan bekerja sesuai program yang dibuat oleh programmer-nya. Komputer dan robot tidak independen. Hanya bisa bergerak karena program yang dibuat khusus. Manusia juga bergerak dan berperilaku, identik semacam analogi itu.

Akhirnya marilah ini kita renungkan. Apabila menjelekkan suatu produk, sama saja menjelekkan produsennya. Jika misalnya ada sebuah HP yang jelek, maka pembuatnya-lah yang jelek, bukan HP-nya. Jadi jika menjelekkan mahluk ciptaan Allah, itu berarti menjelekkan Sang Penciptanya¬†Astaghfirullah ….

Mohon maaf jika salah ….

KMO, Senen Wage 25 Maret 2019
herulegowo@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *