Hati-Hati Likuifikasi

Sebuah kata baru yang mulai ngetop : likuifikasi. Sepotong kata yang muncul bersamaan dengan terjadinya gempa di Palu dan Donggala. Likuifikasi menjelaskan fenomena struktur tanah keras yang berada diatas lapisan lembek berlumpur. Ketika terjadi gempa, lapisan lumpur mendesak keatas sehingga tanah keras diatasnya pecah berubah menjadi lembek dan mencair. Kemudian tanah keras itu runtuh membawa semua yang berada diatasnya, masuk ke dalam perut bumi.

Peristiwanya begitu cepat terjadi. Hanya dalam hitungan menit, semua yang tadinya tampak kokoh berada diatas tanah keras, tiba-tiba lenyap dari pandangan mata. Masuk ke dalam tanah, hilang dan lenyap bagaikan ditelan bumi! Sebuah fenomena yang luar biasa. Para ahli setelah kejadian itu, lalu membuat simulasi bagaimana kemungkinan terjadinya likuifikasi tersebut. Bagaimana tanah yang keras itu, ternyata berada di lapisan lembek dan berlumpur dibawahnya. Ketika terjadi gempa, tanah yang diatasnya retak dan lapisan lumpur mendesak ketas bagaikan air yang mencari jalan ke permukaan.

Fenomena tanah keras itu dalam sekejap terdorong masuk tenggelam ke dalam lapisan lumpur. Lenyap … Di sebuah video gerakan lumpur mendorong dan menenggelamkan tanah dengan semua bangunan yang berada diatasnya, sungguh sangat mengerikan!

Jadi semua yang tampak stabil, suatu saat dapat goyah, lenyap dan hancur. Semua yang hebat dan kuat dengan mudahnya begitu saja hilang ditelan bumi. Atas kehendak-NYA, semua lenyap dan hilang dari pandangan dalam sekejap dan seketika! Tidak butuh waktu lama. Sekejap saja. Fenomena alam itu sebenarnya adalah kehendak-NYA juga dan berlangsung sedemikian cepat. Semua yang tadinya nyata, tampak kuat, hebat dan membanggakan hati, tiba-tiba lenyap begitu saja tanpa bekas!!! Astaghfirullah

Sebenarnya Allah sudah mengingatkan kepada mahluk-NYA. Ancaman-NYa begitu halus dan sederhana tetapi nyata melalui QS. Al-Mulk 67:16 :

“Sudah merasa amankah kamu, bahwa Dia yang di langit tidak akan membuat kamu ditelan bumi ketika tiba-tiba ia terguncang?”

Dan Allah Swt mempertegas lagi melalui QS. Asy-Syu’ara’ 26:146 :

“Apakah kamu (mengira) akan dibiarkan tinggal di sini (di negeri kamu ini) dengan aman”

Dan likuifikasi dalam kehidupan nyata dapat melanda apa saja. Semua yang berujud dan yang tanpa ujud. Kebanggaan, kekuasaan, jabatan, kekayaan juga dapat hilang dalam sekejap mata. Janganlah terlalu berbangga diri. Seperti halnya likuifikasi, semuanya dapat lenyap seketika dan tanpa bekas!

Subhanallah … Maha Besar Allah dengan segala kehebatan-NYA

KMO, Sabtu Legi 13 Okt 2018
Ki Pandan Alas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *