Mempersiapkan Generasi Muda

Jack Ma salah satu orang terkaya, founder dan CEO Ali Baba perusahan multi nasional China memberikan nasehatnya. Jika anda berusia 25 tahun, jangan takut berbuat salah. Suatu kesalahan adalah sebuah wonderful revenue. Anda dapat belajar banyak dari kesalahan yang anda buat. Jika anda berusia 30 tahun, ikuti dan belajarlah dari boss anda. Para boss memiliki pengalaman dan mengajar anda dengan cara yang berbeda-beda. Jika anda berusia 40-50 tahun bekerjalah di bidang dimana anda mahir di bidang itu. Jangan mudah berpindah. Dan jika anda 60 tahun, gunakan waktu anda untuk mengajar generasi muda agar mereka mampu mempersiapkan masa depan.

Secara sadar ternyata saya sudah dan sedang menjalankan, apa yang dinyatakan Jack Ma. Untunglah saya masih diberi kesempatan untuk membagikan pengetahuan, sharing pengalaman, berdiskusi dengan anak-anak muda generasi milleneals. Berada di antara mereka rasanya seakan kembali muda. Sungguh sangat menarik ketika berdiskusi, mencoba menyelami apa yang dipikirkan dan bagaimana mereka menyikapi hidup ini.

Salah satunya saya merasa beruntung ketika sempat berada di depan kelas Airport Operation Management, di Centre For Excellence PT. Angkasa Pura Airport.  pagi sampai sore hari. Bercerita tentang Airport Operations, ternyata menarik perhatian mereka. Para peserta dengan cermat memperhatikan materi yang diberikan, dan aktif menyela dengan pertanyaan. Beberapa video yang ditayangkan membawa mereka pada situasi yang sebenarnya terjadi di lapangan.

Ketika giliran bertanya, semua aktif mengangkat tangan. Dan pertanyaan mereka bagus-bagus dan berkualitas. Barangkali karena dari panitia ada bonus poin bagi mereka yang aktif bertanya, sehingga mereka aktif mengangkat tangan.

Pada jam-jam mengantuk, saya memberikan sebuah studi-kasus masalah operasional di bandara. Dan mereka semua antusias membahas dalam diskusi yang seru, kemudian salah satu maju mewakili kelompok dan menjelaskan konsepnya di depan kelas.

Pada akhir sesi saya sampaikan harapan mudah-mudahan dalam 5-10 tahun mendatang, diantara mereka sudah ada yang mampu menjadi pejabat, dan  duduk menjadi Manajer, GM di Cabang atau VP di Kantor Pusat.

Akhirnya, walaupun hanya sedikit, paling tidak saya sudah memberi message penting, dalam perjalanan karier mereka. Semoga mereka sukses dan menjadi pemimpin PT. Angkasa Pura Airport mendatang. Amin …

KMO, Selasa Pon 25 Sept 2018
herulegowo@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *