Selamat Ulang Tahun IATCA

IATCA berulang tahun ke 19, pada 29 Juli 2018 yang lalu. Dan dirayakan bersama dengan para senior dan semua ATC lintas angkatan. Kali ini diselenggarakan di Puri Denbencingah Klungkung Bali. Acara yang sangat meriah dan sangat akrab. Sebagai mantan ATC saya sungguh gembira dan bangga dapat ikut serta pada acara tersebut. Salut kepada Panitia. Para anak-anak muda yang enerjik, smart, multi talent dan yang utama adalah mampu menghargai seniornya dan para orang tua. Juga terimakasih kepada Ida Panglingsir Agung Putra Sukahet, yang mengijinkan dan memberi dukungan untuk menggunakan fasilitas di Puri Denbencingah pada penyelenggaraan acara tersebut. Itu sungguh sebuah acara yang penuh keakraban. Semua mantan dan ATC yang aktif bersama-sama begitu akrab, seakan itu berlangsung di halaman Main Building PLP-Curug. Luar biasaa ..

Selamat kepada IATCA dan semoga sukses untuk masa mendatang. Saya tidak ingin mengulangi semua apresiasi yang sudah disampaikan atas berhasil-nya acara ini. Saya ingin sekedar memberi masukan bagi keberlangsungan IATCA di masa mendatang.

Menjemput masa depan dan mempersiapkan segala sesuatunya adalah hal yang mudah dikatakan, tetapi selalu sulit dalam implementasinya. Saya mencoba menyampaikan itu kepada para generasi muda. Anak-anak muda adalah generasi mendatang. Kalian yang merasa sebagai anak muda dan memiliki tanggung jawab untuk membangun masa depan agar lebih baik daripada yang ada, mesti mempersiapkan diri mulai sekarang. Starts now, otherwise it will be too late.

Di luar sana dunia berubah dan bergerak begitu cepat. Jika anda tidak ikut bergerak, anda segera akan ketinggalan dan ditinggalkan. Itu suatu hal yang pasti terjadi. Jadi bersiaplah mulai dari sekarang. Saya mengerti kalian anak-anak muda adalah generasi milleneals. Generasi yang memiliki cara berfikir dan bertindak yang berbeda dari para senior-senior anda semua. Saya merasa perlu ada sinkronisasi dan adjustment dalam hal yang satu ini. Mari sejenak kita mencermati bersama skema di sebelah ini. Saya mencoba menggambarkannya, agar lebih mudah diikuti pola fikirnya. Ada 7 hal yang menurut saya perlu menjadi prioritas untuk menghadapi masa depan.

Yang pertama tentu saja adalah : asah gergajimu! Seperti yang disarankan Steven Covey dalam bukunya 7 Habit of Effective People : sharpening your saw. Saya tidak perlu menjelaskan bagaimana, anda semua mesti sudah tahu caranya. Tulisan ini sekaligus sebagai saran kepada para senior atau siapa saja yang kebetulan mengurusi hal ini, agar terus memberi kesempatan anak-anak muda yang potensial untuk terus mengasah gergajinya. Memberi kesempatan mereka untuk mempertajam Skill, Knowledge dan Attitude-nya.

Yang kedua, mesti ada upaya untuk mempersempit disparitas lokasi. Lokasi tugas yang tersebar di seluruh Indonesia, selalu berujung kepada kualitas controlling-skill. Dan ini membuat kemampuan masing-masing controller menjadi berbeda-beda. Perlu ada upaya nyata, agar yang tertinggal tidak semakin ketinggalan. Tour of duty menjadi alternatif untuk memberi kesempatan untuk menjaga kualitas dan kemampuan dan teknik controlling-nya. Selain itu juga menjadi salah satu bentuk penyegaran dalam bekerja.

Yang ketiga knowledge sharing. Pada acara ulang tahun seperti kemarin atau ketika gathering, seyogyanya disisipkan waktu untuk suatu knowledge sharing. Topiknya bisa apa saja. Hanya saja sebaiknya yang berkaitan dengan per-ATC-an. Undanglah pakar atau senior yang dianggap mampu men-deliver knowledge-nya kepada yunior dan generasi muda. Message yang disampaikan dalam sesi semacam ini tidak perlu terlalu dalam, tetapi mampu menggugah keinginan untuk lebih mendalami masalah lebih lanjut. Baru pada kesempatan berikut dapat didalami dengan durasi waktu yang lebih lama dan lebih intensif. Jadi knowledge–sharing ini hanya semacam pemicu untuk memancing minat dan kesadaran untuk selanjutnya diteruskan pada sesi selanjutnya.

Yang ke empat program & renewals. Apa saja program yang sudah ada? Bagaimana realisasinya? Berapa persen dapat dilaksanakan? Pembaharuan program yang sudah ada, perlu terus dilakukan. Ini penting untuk menjadi pedoman dan arah yang lebih akurat dalam mencapai target berikutnya. Pada poin ini dibutuhkan keleluasaan, keluasan berfikir juga berlapang-dada dalam menerima masukan, kritik dan saran. Sangat disadari memang tidak mudah menerima saran dan masukan.

Yang ke lima enrichment knowledge sharpener. Meningkatkan kemampuan di bidang kerja anda. Selalu kepo, curious dan ingin tahu tentang hal-hal baru. Terutama yang berkaitan dengan tugas dan bidang pekerjaan anda. Keep improving. Ini penting untuk menghasilkan hasil kerja yang lebih cepat, lebih berkualitas dan lebih murah. Jangan bekerja asal-asalan. Kerjakan dan lakukan yang terbaik. Karena sebetulnya itu bukan hanya untuk perusahaan. Itu juga adalah merek dan brand anda. Yang terbaik pada saatnya nanti juga akan mendapatkan yang terbaik. Jadi mulailah sejak sekarang, bukan nanti.

Yang ke enam international affairs. Ini sudah sering menjadi isu, bahkan menjadi isu nasional dan internasional. Salah satunya adalah masalah ruang udara diatas Natuna. Konsepnya mesti jelas. Loud and clear! Yang kebetulan harus melakukan negosiasi langsung dengan Singapura dan ICAO, mesti faham benar. Mesti memahami masalah dengan jelas, kemudian memahami beberapa konsekuensi dari hal tersebut.

Berikutnya … English! Improve your english. If not you’llbe left behind. No body will care of you. Bahasa Inggris sekarang bukan bahasa asing lagi. Bahasa Inggris adalah bahasa pengetahuan dan bahasa pergaulan internasional. Jadi berusahalah untuk selalu memperbaiki kemampuan bahasa Inggrismu.

Yang ke tujuh development : future-proof. Teruslah berusaha untuk mengembangkan kemampuan, dalam menghadapi masa depan. Tuntutan masa depan begitu tinggi dan terus meningkat, baik dalam kualitas personil, peralatan dan system operasi. Ini memang membutuhkan biaya, tetapi yang ingin disampaikan pada tulisan ini adalah lebih kepada mindset. Mesti ada perubahan cara berfikir dalam menghadapi masa depan. Jika semuanya siap, maka anda akan future-proof! Siap untuk memasuki masa depan. Yakinlah jika anda tidak siap, maka masa depan bakal men-delete siapa pun yang tidak siap. Apa boleh buat.

Sebelum mengakhiri tulisan ini, saya ingin menyampaikan selalu ada hal yang controllable dan uncontrollable. Kerjakanlah hal-hal yang masih dalam rentang kendali anda semua. Jangan memasuki hal-hal yang diluar kendali anda. Itu adalah wilayah yang mesti melalui proses yang tidak mudah, melalui negosiasi dan kesepakatan bersama.

Last but not least, seperti yang sudah menjadi yel-yel IATCA … Let’s do it. Let’s do it guys! The future is yours. Let’s prepare from now. Good luck guys …

Kemayoran, Selasa 31 Juli 2018
herulegowo@gmail.com
JATC Co. VIII & SATC Co. XI

One Reply to “Selamat Ulang Tahun IATCA”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *