Tugu Jogja Yang Fenomenal

 Tugu menjadi landmark kota Yogyakarta. Sekarang penulisan Yogyakarta telah berubah menjadi Jogjakarta. Tugu selalu menjadi konotasi dengan Jogjakarta. Begitu juga sebaliknya, Jogjakarta adalah Tugu. Ternyata jika disimak sejarahnya, kenyataan itu memang tidak terhindarkan. Tugu begitu fenomenal, sehingga menjadi identitias kota budaya warisan masa silam ini.

Tugu ini memiliki jejak sejarah yang sangat bermakna mendalam. Bukan hanya sekedar menjadi landmark, sejak pertama kali berdirinya Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Tugu ini juga menjadi bagian dari filosofis spiritual yang sangat dalam. Marilah sejenak kita mengenang kembali peristiwanya. 

Sejarah Ringkas

Sejarah mencatat setelah Perjanjian Giyanti tanggal 13 Pebruari 1755, Pangeran Mangkubumi putera Amangkurat IV dengan Garwa Selir Mas Ayu Tedjawati; diangkat menjadi Sultan Hamengku Buwono I. Beliau kemudian membuka hutan di Pabringan untuk dijadikan Ibukota kerajaan. Di dalam hutan itu ada pesanggrahan yang bernama Ngayogya, yang merupakan tempat istirahat ketika membawa jenazah dari Surakarta ke Imogiri. Itulah mengapa setelah keraton selesai dibangun, lalu dinamakan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Read more: Tugu Jogja Yang Fenomenal

Istana Gebang Blitar

Suatu Jumat sore setelah berziarah ke makam Bung Karno, kami terus ke Istana Gebang rumah tinggal masa kecil Bung Karno. Letaknya hanya sekitar 1 km dari Makam Bung Karno. Rumah itu besar, luas dan artistik. Luasnya sekitar 2 hektar. Setelah dinyatakan bangunan cagar budaya, bangunan ini pasti mendapat perlakuan istimewa. Sebagai sebuah bangunan, rumah Bpk. Soekeni Sosrodihardjo ayahanda Bung Karno ini memberi kesan luas, lega dan artistik. Barangkali rumah-rumah di sekelilingnya sudah dipindahkan, sehingga sekelilingnya semakin tampak luas.

Di halaman depan ada patung utuh Soekarno yang sedang berdiri berwarna putih. Patung setinggi 2,8 meter itu karya Dukut Hendronoto asal Jakarta tahun 1969. Patung itu menggambarkan sosok Soekarno dalam pakaian Presiden lengkap dengan sepatu, celana panjang, safari dan pecinya terkenal itu. Di sebelah kiri patung agak ke depan ada salah satu gong besar berwarna kuning. Itu adalah salah satu dari Gong Perdamaian Dunia, yang sudah dipasang di 84 negara dunia dan 9 buah diantaranya berada di Indonesia. 

 

Read more: Istana Gebang Blitar

Sunday the 18th. http://www.herulegowo.com. Joomla 3.0 templates. All rights reserved.