Boss yang Menyamar

Print
Category: Life
Published Date Written by Heru Legowo

Di televisi ada acara yang menarik dan mengundang inspirasi, Undercover Boss, boss yang menyamar! Seorang boss dari perusahaan yang terkenal menyamar menjadi karyawan yang magang seperti baru mau bekerja. Si boss ini sengaja menyamar untuk mengetahui bagaimana karyawannya bekerja dengan sebenarnya. Jadi, si boss ini lalu memakai pakaian dan penyamaran khusus agar tidak diketahui, siapa dia sebenarnya.

Selanjutnya si boss pura-pura mencari kerja dan magang bekerja di perusahaan miliknya sendiri. Dia mengunjungi beberapa bagian dari kegiatan bisnisnya, dan benar-benar bekerja layaknya seorang karyawan magang. Dari kegiatan itu si boss lalu benar-benar dapat mengetahui dengan nyata, bagaimana karyawannya bekerja dan bagaimana persepsi karyawan tentang perusahaan dimana dia bekerja.

Si Boss melakukan wawancara dengan para pekerja perusahaannya, dengan cara pura-pura bertanya atau minta penjelasan mengenai hal-hal yang harus dilakukannya sendiri, ketika berpura-pura menjadi karyawan magang. Banyak informasi yang dapat diperoleh, termasuk bagaimana karyawannya bekerja dan bagaimana karyawannya memberi saran mengenai hal-hal yang harus dilakukan untuk memperbaiki pelayanan.

Setelah berkisar seminggu boss ini berkeliling dan menyamar menjadi karyawan magang di beberapa unit kerja, dia lalu kembali ke kantor pusatnya. Selanjutnya karyawan-karyawan yang menjadi supervisor ketika si Boss pura magang, satu per satu dipanggil menghadap ke kantor pusat perusahaannya. Tentu saja para karyawan itu kaget, tidak menyangka sekali bahwa karyawan magang yang mereka ajari bekerja, ternyata adalah boss tertinggi perusahaan dimana dia bekerja! Dan mereka menjadi was-was jangan-jangan ada tindakan kepada mereka, karena mungkin ada kesalahan ketika di boss pura-pura menjadi karyawan magang yang mereka ajari bekerja.

Tetapi alih-alih diberi teguran, justru para karyawan itu mendapat penghargaan dan apresiasi dari Si Boss. Penghargaan itu disampaikan karena mereka telah bekerja dengan tekun, profesional dan melebihi ekspektasi perusahaan. Apresiasi yang diberikan adalah hadiah berupa uang tunai, perjalanan wisata ke luar negeri, bahkan ada yang berupa pemberian tiket gratis untuk mengunjungi negeri asalnya, agar anak-anak mereka dapat bertemu kakek dan neneknya. Dan ada beberapa hadiah lainnya yang spektakuler dan tidak terduga dari si Boss. Adegan ini biasanya sangat menyentuh perasaan dan membuat menangis. Juga yang melihatnya.

Sampai disini dulu, mudah-mudahan pembaca pernah melihat tayangan di televisi mengenai Undercover Boss ini. Juga saya harap pembaca dapat menyelami esensi dari kisah yang mengharukan ini.

MANAJEMEN

Bagi saya tayangan ini memberi beberapa pelajaran yang sangat mendalam. Dari sisi manajemen, sangat jelas bagaimana sebaiknya seorang boss atau CEO mengamati dan mengevaluasi kinerja para karyawannya. Dengan cara blusukan semacam itu, si Boss mengetahui langsung bukan hanya dari laporan anak buahnya. Bagaimana sebenarnya para front-liners nya bekerja dan bagaimana komitmen mereka dalam mendukung perusahaan dimana dia bekerja.

Dari sisi karyawan, tindakan si Boss dalam memberikan apresiasi dan penghargaan membangun followership yang kuat. Tindakan si Boss sudah tentu akan memotivasi karyawan untuk bekerja dengan sungguh-sungguh dan memberikan kemampuannya yang terbaik untuk perusahaan. Komitmen karyawan menjadi semakin tinggi dan membangun tim kerja yang solid, yang pada ujungnya akan menaikkan kinerja perusahaan. Bagi middle management tindakan si Boss pasti akan menginspirasi mereka bagaimana membangun tim kerja, yang anggotanya bekerja  dengan penuh dedikasi.

SPIRITUAL

Sementara itu dari sisi spiritual, tayangan itu mengandung makna yang sangat halus tersembunyi. Barangkali ini luput untuk dimengerti dan diperoleh, jika tidak ada sedikit usaha untuk merenungkannya. Begini : para karyawan itu telah bekerja dengan sungguh-sungguh memberikan semua effort dan kemampuannya terbaik, selain itu pasti ada doa untuk mendapatkan sesuatu yang diimpikannya. Pada akhirnya jerih payahnya mewujud menjadi sebuah kenyataan. Tanpa usaha yang serius dan sungguh-sungguh pasti tidak akan mampu menggerakkan si Boss untuk memberikan apresiasi dan hadiah kepada mereka semuanya.

Saya merenung dan teringat nasehat nenek saya dahulu : "sing sopo temen bakal tinemenan" - barang siapa bersungguh-sungguh akan tercapai cita-citanya! Jadi sebenarnya semua kerja keras yang telah dikerjakan oleh siapa pun juga, tidak pernah sia-sia. Pada saatnya mereka akan menuai atas semua keseriusan mereka bekerja, juga harapan dan doa yang dipanjatkan dengan tulus dan ikhlas.

Kemudian dari sisi si Boss. Dari tinjauan spiritual apa yang dilakukan si Boss bukan semata-mata karena keinginannya mengetahui kinerja karyawan dan perusahaannya saja. Bagi saya, si Boss menjadi sarana dan ketentuan dari Allah Swt. Kok bisa?

Si Boss yang tampak dermawan dan cerdas itu sebenarnya adalah perpanjangan tangan Allah Swt. DIA meluluskan doa para karyawan yang bekerja dengan sungguh-sungguh, tekun dan ikhlas, melalui perantaraan Undercover Boss. Allah Swt telah menjadikan si Boss menjadi sosok malaikat. Bagi si karyawan si Boss benar-benar bagaikan malaikat dermawan yang meluluskan semua permintaan mereka, setelah berdoa dan bekerja dengan sungguh-sungguh, tekun dan ikhlas. Hadiah yang diterima sungguh diluar perkiraan mereka dan jumlahnya puluhan bahkan ratusan kali lipat dari gaji mereka!

Allah Swt dengan caraNYA yang sangat halus telah menggerakkan hari nurani si Boss untuk memberikan hadiah bagi para karyawannya, tanpa disadari oleh si Boss itu sendiri. Subhanallah ...

Saya sungguh merasa bersyukur mendapat pencerahan, setiap saat melihat Undercover Boss ini. Begitu halusnya Allah Swt menampakkan keberadaanNYA. Saya berharap anda bersama saya, ikut memaknai dan mengapresiasi tayangan yang cerdas dan mencerahkan hati nurani ini. Semoga ...

Comments   

 
0 #1 Anemonalove 2017-07-07 12:38
Hi guys! Who wants to meet me? I have profile at HotBabesCams.co m, we
can chat, you can watch me live for free, my nickname is Anemonalove , here is my photo:

https://3.bp.blogspot.com/-u5pGYuGNsSo/WVixiO8RBUI/AAAAAAAAAFA/JWa2LHHFI2AkHParQa3fwwHhVijolmq8QCLcBGAs/s1600/hottest%2Bwebcam%2Bgirl%2B-%2BAnemonalove.jpg
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Sunday the 18th. http://www.herulegowo.com. Joomla 3.0 templates. All rights reserved.