Logo Baru Angkasa Pura II

Print
Category: Airports
Published Date Written by Heru Legowo

Setelah menunggu sekian lama, akhirnya PT Angkasa Pura II meluncurkan logo baru perusahaannya, mengikuti PT. Angkasa Pura I yang sekarang menyebut dirinya sebagai Angkasa Pura Airport.

Logo yang disebut sebagai Sky City ini didominasi warna-warna cerah yang mempunyai arti masing-masing. Mantan Direktur Utama PT. Angkasa Pura II, menyebutnya logo itu mirip dengan Google Chrome.

Direktur Utama PT Angkasa Pura, Bapak Tri Sunoko di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Selasa 21 januari 2014, meluncurkan identitas baru Angkasa Pura II. Beliau mengatakan dengan logo baru tersebut, dihaarapkan PT Angkasa Pura II dapat terus berkarya dan memberi kebanggaan bagi Indonesia. Pembaharuan logo ini dilakukan sebagai upaya untuk menciptakan citra yang lebih baik, kinerja organisasi tampak lebih segar, modern dan dinamis. 

Logo ini pasti diluncurkan setelah melalui analisa dan riset yang mendalam dalam kurun waktu yang cukup. Seperti beberapa perusahaan yang melalkukan re-branding, PT. Angkasa Pura II berusaha mewujudkan targetnya menjadi bandara yang berkelas dunia, The World Class Airport.

Logo yang memiliki warna biru, merah, kuning, dan hijau memiliki nuansa dan semangat khusus yang sengaja diangkat perusahaan. Warna-warna itu dimaksudkan agar identitas baru ini menampilkan citra lebih segar, modern, dan dinamis. Searah dengan visi perusahaan, yaitu menjadi pengelola bandara bertaraf internasional, yang unggul dalam layanan dan kinerja.

 

APRESIASI PRIBADI

Saya sebagai mantan ATC dan yang sudah bekerja puluhan tahun di dunia kebandar-udaraan, memiliki kesan dan apresiasi sendiri terhadap logo baru tersebut. Bagi saya bentuk huruf A dan P yang disatukan itu, kira-kira dapat dimaknai sebagai berikut :

Huruf A yang berwarna Hijau dan Putih, itu rasanya seperti pesawat yang sedang tinggal landas. Kaki huruf P yang berwarna merah, menggambarkan landasan pacu (runway). Dan bentuk bulatan setengah lingkaran dari huruf P, menggambarkan fasilitas layanan di darat; bisa berupa, terminal, apron dan fasilitas pendukung lainnya.

Secara umum bagi saya logo itu seperti menggambarkan sebuah pesawat yang sedang tinggal landas. Pesawat yang berwarna hijau seperti uraian pada maknanya adalah pemimpin yang tegas dan memiliki integritas. Pesawat tanpa pemimpin (pilot) yang tegas, memang tidak tidak jelas arahnya, entah mau kemana?

Sementara itu landasan yang berwarna merah, artinya membutuhkan semangat kerja dan komitmen untuk memberikan pelayanan yang dibutuhkan dan dipercaya keakuratannya dan kemampuannya. Dan memang untuk saat ini landasan-lah yang menjadi sebab, bandara Soekatrno-Hatta menjadi penuh sesak dengan penumpang.

Fasilitas pendukung yang berwarna kuning itu mengisyaratkan bahwa jika dikelola dengan baik dan profesional, akan memberikan kemakmuran bagi karyawan pemegang saham dan juga pengguna jasa bandara. Dan itu diperoleh karena kerja keras dari semua karyawan PT. Angkasa Pura II.

Dan semua gambaran itu berada dalam sebuah bola berwarna biru sektor logistik yang berkembang terus. Barangkali itu yang dimaksud dengan Sky City, (bola) dunia yang tanpa batas. Begitu banyak kemungkinan berkembang dengan berbagai tantangan yang menantang.

Akhirnya, semoga PT. Angkasa Pura II selalu sukses, dan menjadi perusahaan yang terus berkembang dan memberikan yang terbaik kepada pengguna jasa bandara. Amin.

Comments   

 
0 #6 Em Studio 2016-12-05 09:25
It is a great logo design!

Logo ini dibuat oleh Landor. Silakan cek di Landor Indonesia, disana tertera beberapa clients, salah satunya adalah Angkasa Pura II.

Logo yang sangat simple, fresh, clean, sophisticated, yet elegant. Meskipun sederhana, namun tidak sesederhana dalam proses pembuatan, karena great design is a great complexity presented via simplicity.
Branding baru bagi sebuah perusahaan yang bergerak di ranah kebandaraudaraa n. Misi perusahaan dalam mengelola jasa bandar udara berkelas dunia sudah semakin terasa wujudnya. Great works!
Quote
 
 
0 #5 Sombong 2016-04-27 14:40
masa ?
Quote
 
 
0 #4 Shanel 2015-05-29 12:59
Many thanks for going right through the problem of enlightening moms and dads relating to this game.


my webpage: clash of clans hack linux - Shanel: http://telechargerfarcry4.com -
Quote
 
 
0 #3 clash of clans 2015-05-25 16:43
Normally I don't learn article on blogs, but I wish to say that
this write-up very compelled me to take a look at and do
so! Your writing style has been amazed me. Thanks, very nice post.


Visit my site :: clash
of clans Guide for beginners: http://telechargerfarcry4.fr
Quote
 
 
0 #2 bitebrands 2014-06-12 17:03
@Web Design maksud anda bgmna? membedakan antara seni dan desain?? :cry: Desain itu bagian dari seni juga mas..
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Sunday the 18th. http://www.herulegowo.com. Joomla 3.0 templates. All rights reserved.