SELAMAT TINGGAL 2022

Oleh : Ki Pandan Alas

           

Tidak terasa kalender akan segera berganti. Dan beberapa hari lagi akan memasuki tahun 2023. Tahun Politik. Akan banyak intrik dan segala macam cara untuk menuju kursi Presiden.

Biar sajalah yang mengurus politik akan berusaha dan berjuang untuk menjadi pejabat. Mari kita evaluasi saja yang sudah berlalu dan bersiap menghadapi tahun yang akan datang.

Manusia yang sehat dan berakal sudah pasti melakukan evaluasi apa yang sudah dilakukan pada tahun yang lalu. Memeriksa hal-hal yang sudah dilakukan dan yang belum dilakukan. Apa saja yang sudah dilakukan dan sudah berhasil dan apa saja yang sudah dilakukan tetapi belum maksimal atau malah gagal sama sekali.

Perlu kemauan keras untuk memahami semua keberhasilan dan kegagalan itu dan menerimanya lalu meningkatkan yang sudah baik dan memperbaiki yang masih salah atau yang belum optimal.

Dari sisi manajemen evaluasinya yang sudah biasa adalah 5W+1H : What, Where, When, Who, Why & How? Bisa juga memakai 5M : Man, Money, Material, Method, Market. Dan bisa ditambahkan M yang lain jika diperlukan.

Ini sangat teknis dan anda bisa lakukan sendiri bersama tim atau bersama boss anda, untuk mengevaluasi apa saja yang sudah dilakukan dan akan ke mana tahun ke depan.

Memasuki tahun baru, ke depannya, pasti akan banyak target baru. Yang pasti tatkala akan di breakdown, berarti ada target jangka pendek dan target jangka panjang. Bila perlu mesti di redefinisi lagi mengenai pelaksanaan tahun yang lalu, yang berkaitan dengan SMART : Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Timely.

Meskipun demikian bukan hanya hal-hal teknis, operasional dan yang bersifat fisik saja yang mesti dievaluasi. Yang bersifat spiritual juga perlu dievaluasi, bahkan harus lebih tajam lagi. Tujuannya agar secara spiritual masa depan akan menjadi semakin baik lagi. Jika secara spiritual baik, maka dapat dipastikan yang bersifat fisik akan mengikutinya.

Yang jelas tahun mendatang mesti lebih baik daripada tahun yang lalu. Itu sesuai dengan Sunnah Rasulullah, agar hari ini lebih baik daripada hari kemarin. Dan jika engkau sudah selesai mengerjakan sesuatu hal, maka kerjakanlah hal yang lain lagi.

        Akhirnya, selamat datang tahun 2023. Semoga di Tahun Politik ini, akan banyak yang dapat diperoleh dan dicapai. Untuk itu perlu usaha keras dan sungguh-sungguh.

Sesuatu yang baru selalu menarik, walaupun belum tentu lebih baik daripada tahun yang lalu.

Itulah seninya hidupĀ  …

Kemayoran – KPA, 28 Desember 2022.