PERANCIS KE FINAL

Laga semifinal Piala Dunia 2022, Perancis mengalahkan Maroko 2:0. Melalui gol dari Theo Fernandez di menit ke 5 dan Kolo Muani di menit ke 80. Kedua tim memperagakan permainan yang cepat, taktis dengan operan bola pendek yang enak dilihat.

Maroko sebenarnya lebih banyak menguasai bola. Dan memiliki beberapa peluang yang semestinya menjadi gol. Tetapi ternyata Perancis bukan hanya piawai menyerang, di kotak penalti pemain Maroko pun tidak mendapat ruang bebas untuk menendang bola ke gawang.

Theo Fernandez mencetak gol pada menit ke 5. Itu gol tercepat yang pernah dibuat dalam Piala Dunia ini. Kamis (15/12/2022) (c) AP Photo/Christophe Ena

Pertandingan baru berjalan 5 menit. Theo Hernandez (Perancis) berada pada posisi yang tepat di dalam kotak penalti, menerima bola rebound. Lalu kaki kirinya menendang first time, dan bola masuk ke tengah gawang Kiper Bounou. Goolll …¬†1:0.

Perancis memiliki beberapa peluang untuk membuat gol. Pada menit ke 16 Olivier Giroud yang berdiri bebas di kotak penalti menerima umpan, sayang tendangannya membentur tiang gawang. Di menit 36 Tchouameni memainkan operan cantik pada Olivier Giroud (Perancis), sayang tembakannya dari dalam kotak penalti melebar tipis dari tiang kiri gawang.

Maroko meningkatkan serangan yang lebih sering diinisiasi dari sektor sayap kanan. Dan beberapa tackle keras terjadi, sehingga Soufiane Boufal (Maroko) diberi kartu kuning.

Pada menit ke 45 sebuah rebound jatuh kepada Jawad El Yamiq (Maroko) di batas kotak penalti, dan dia melepaskan sebuah tembakan salto ke arah sudut kiri bawah gawang. Kiper Perancis Hugo Lloris melompat dan meninju bola sehingga membentur tiang gawang dan bola keluar gawang. Sebuah penyelematan yang sensasional!

Babak pertama ball possession Maroko 49% dan Perancis 34%. Pergantian pemain Maroko terjadi menit 46, 66, 78.

Di menit ke 65 Didier Deschamps mengganti Olivier Giroud dengan Marcus Thuram. Masuknya Thuram membuat serangan Perancis dari sayap kiri lebih hidup dan berbahaya. Bekerjasama dengan Kylian Mbappe, beberapa kali Thuram mengancam gawang Maroko.

Randal Kolo Muani pemain penggati yang mencetak gol tercepat. Baru masuk 44 detik, sudah mencetak gol. (REUTER/KAI PFAFFENBACH)

Di menit ke 78 Randal Kolo Muani masuk, menggantikan Ousmani Dembele. Baru kramg dari satu menit masuk Muani sudah membuat gol! Serangan bermula dari kerjasama Thuram dan Mbappe dari sayap kiri. Mbappe memasuki kotak penalti dan mendapat bola dari Thuram. Disela-sela dua pemain belakang Maroko, Mbappe mengirim umpan silang matang persis di depan gawang Maroko. Dan tanpa kesulitan Kolo Muani masuk dan menendang bola. Goolll. … 2:0.

Maroko sebenarnya memiliki beberapa peluang. Pada menit 93 Ez Abde mendapat bola kerika bebas di dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan, tetapi tendangannya dapat dihentikan oleh pemain belakang Perancis. Kemudian di menit ke 95 pemain bertahan Perancis memblokir tembakan dari Abderrazak Hamdallah (Maroko) di dalam kotak penalti.

Dan … akhirnya, disiplin pengalaman dan jam terbang menentukan keberhasilan suatu tim. Perancis dengan pengalaman, jam terbang, profesionalisme dan determinasi telah mengubur harapan Maroko untuk ke final.

Didier Deschamps menyamai rekor Frans Beckenbauer dan Mario Zagalo. Meraih juara ketika masih menjadi pemain dan setelah menjadi pelatih.

Tm Maroko adalah tim yang hebat. Kombinasi pemain dari beberapa liga Eropa ditangan pelatih Walid Regragui menjadi tim yang mampu menaklukan tim-tim raksasa. Pada laga semifinal itu, Maroko mampu mengimbangi Perancis di semua lini. Maroko dengan semangat luar biasa dan didukung oleh semua dunia Afrika dan Arab, menjadi satu-satunya wakil ke semifinal Piala. Sayang Maroko harus menghentikan mimpinya, untuk masuk babak final.

Perancis melangkah ke final, menjadi negara yang berturut-turut mencapai final Piala Dunia. Dan tentu saja Didier Deschamps berusaha agar Perancis kembali juara. Dia juga berhasil mengantar Kylian Mbappe menjadi top scorer dengan 5 gol. Dan Argentina sudah menunggu di final. Argentina mengandalkan Lionel Messi yang juga sudah membukukan 5 gol.

Tim Perancis melakukan selebrasi gol kedua, yang dibuat oleh Kolo Muani menit ke 80

Final Piala Dunia kembali menggelar pertandingan klasik antara tim terbaik benua Eropa dan benua Amerika Latin. Antara Les Blues dan La Albiceleste. Juga akan terjadi adu taktik antara Didier Deschamps dan Lionel Scaloni. Dan adu teknik antara Lionel Messi, Julian Alvarez dan Angel Di Maria, dengan Olivier Giroud, Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann.

Mari kita lihat laga final Piala Dunia 2022, pada hari Minggu tanggal 18 Desember, nanti jam 22.00.

KMO-KPA : 15 Des 2022