PIALA DUNIA 2022

Piala Dunia selalu heboh. Selalu ada kejutan. Dan ada sesuatu yang baru. Kali ini Piala Dunia diadakan di Qatar, pertamakalinya di Timur Tengah. Negara yang penduduknya hanya 2,5 juta, tetapi penonton Piala Dunia diperkirakan bakal lebih dari 3 juta orang. Lebih banyak dari penduduk Qatar.

Konon biaya Piala Dunia Qatar adalah $ 220 Milyar, atau Rp. 3.344 Trilyun. Luar biasa. Itu biaya paling mahal dalam sejarah Piala Dunia. Qatar harus membangun 8 stadion, 7 diantaranya stadion baru. Bukan itu saja, juga membangun jalan raya, jalur kereta api, rumah sakit dan bandara. Sebagai pembanding saja, Biaya Piala Dunia Korea & Jepang (2002) $7 Milyar, Jerman (2006) $4,3 Milyar, Brasil (2014) $15 Milyar, Russia (2018) $11,6 Milyar.

La’eeb Maskot Piala Dunia 2022

Maskot Piala Dunia 2022 adalah La’eeb. La’eeb berasal dari Bahasa Arab yang berarti pemain yang sangat terampil. La’eeb tak memiliki bentuk asli di dunia nyata. Semua orang dipersilahkan menafsirkannya sebagai apa pun sesuai imajinasinya.

La’eeb mendorong semua orang untuk percaya pada diri sendiri.
La’eeb berasal dari dunia paralel, di mana ide dan kreativitas membentuk dasar karakter di benak setiap orang.

Logo Piala Dunia 2022 di Qatar seperti bentuk sebuah kain berwarna putih bercorak merah yang membentuk angka delapan. Logo ini memiliki gabungan warna burgundi dan putih, identik dengan bendera nasional Qatar. Bentuk logo itu mewujudkan visi sebuah acara yang menghubungkan dan melibatkan seluruh dunia.

Lekukan pada lambang Piala Dunia 2022 melambangkan bukit gurun pasir. Sementara lingkaran tak terputus yang membentuk angka delapan, mewakili stadion tuan rumah turnamen yang berjumlah 8. Juga seperti lambang dalam matematika, lemniscate yang menunjukkan sesuatu yang tak terhingga,

Pada Upacara Pembukaan Jeon Jung Kook, salah satu personel grup K-pop Bangtan Sonyeondan (BTS), menyanyikan lagu barunya judul “Dreamers” hari Minggu 20 November 2022.

Lirik lagu resmi Piala Dunia 2022 itu, menggambarkan tentang optimisme seorang pemimpi:

Look who we are, we are the dreamers

We’ll make it happen, ’cause we believe it

Look who we are, we are the dreamers

We’ll make it happen, ‘cause we can see it

Konser pembukaan Piala Dunia 2022 tersebut sekaligus menjadi panggung pertama Jung Kook menyanyikan “Dreamers”. Ia membawakan lagu itu bersama musisi Qatar, Fahad Al-Kubaisi. Lagu “Dreamers” dirilis hanya beberapa jam, sebelum upacara pembukaan Piala Dunia itu.

Ternyata hanya butuh kurang dari dua jam, untuk membuat lagu ini dikenal di seluruh penjuru dunia. Berkat single tersebut, Jungkook berhasil memecahkan rekor dunia. Ia menjadi solois Asia pertama, yang memiliki lagu dengan konsumsi terbanyak di platform streaming iTunes lintas dunia.

Pada pertandingan perdana Qatar 0-2 kalah dari Ekuador. Gol Ekuador dicetak oleh Enner Valencia. Ini juga menjadi catatan tersendiri. Sejak tahun 2006 tuan rumah tidak pernah kalah, pada pertandingan pertama.

Dan juga untuk pertama kalinya gol pertama Piala Dunia dicetak dari titik penalti oleh Enner Valencia.

Prediksi Piala Dunia 2022BCA Canada

Jumlah tim yang bertanding adalah 32 tim. Tim yang memenuhi syarat, akan menerima hadiah $1,5 juta sebelum kompetisi dimulai. Dan untuk menutupi biaya persiapan masing-masing tim menerima $9 juta dalam bentuk uang hadiah.

Total hadiah piala dunia 2022 adalah $440 juta. Lebih besar $40 juta dari total hadiah sebelumnya. Piala Dunia selalu seperti sihir, yang menyihir dunia. Bukan hanya sekedar olah raga dan sepak bola, tetapi Piala Dunia juga memberi di bidang ekonomi. Jadi wajarlah jika Presiden FIFA Gianni Infantino, meminta agar perang Russia-Ukraina ditunda dulu, selama pertandingan Piala Dunia 2022 itu.

Akhirnya, mari nonton bola. Sambil menebak siapa yang bakal juara. Juara tahun lalu adalah Perancis, yang mengalahkan Kroasia 4-2. Kali ini, Brasil, Argentina, Jerman, Portugal sepertinya punya peluang juara.  Siapa tahu? Dan menebak juara, selalu dibarengi emosi, kalkulasi dan seni sendiri, yang tak terduga.

Dan jangan lupa bola resmi Piala Dunia 2022 itu dibuat di Madiun. Buatan Indonesia.

Bola itu bundar, bro …


Kemayoran : 22 November 2022

KPA

(dari berbagai sumber)