MENGHARGAI

Oleh : Ki Pandan Alas

Menghargai dan mengapresiasi orang atas keberhasilannya, hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki lapang hati dan ikhlas. Dan juga oleh orang yang tahu, bahwa sesuatu yang dilakukan seseorang itu adalah bukan hal yang mudah dan sulit.

Pasti sesuatu itu, tidak semuanya baik. Pasti juga ada sisi negatifnya. Tetapi bagian yang positif itu jauh lebih banyak, daripada yang negatif.

Mereka yang dapat memahami ini, barulah bisa menghargai dan mengapresiasi karya orang lain. Orang-orang yang bersikap dan berpikir positif, sebenarnya tahu dan paham.

Bahwa secara spiritual orang-orang sukses itu diberkahi, diberi rahmat dan diridhai Allah dalam melakukan apa yang dilakukannya. Dan bukan semata-mata karena kepandaiannya, kepintarannya dan kehebatannya saja.

Di balik keberhasilannya, ada invisible hand yang membuat dia berhasil. Jadi mereka yang mengapresiasi dan menghargai seseorang, sesungguhnya adalah mengapresiasi dan menghargai the invisible hand yang berada di balik keberhasilan dan kesuksesan seseorang!

Sebaliknya orang-orang yang selalu melihat negatif atas keberhasilan orang lain, sebetulnya pikirannya sempit dan picik. Dia tidak dapat melihat dengan skala yang lebih luas. Tidak bisa melihat kesulitan dari sesuatu, dan hanya berpikir melulu dari sisi pikirannya sendiri.

Padahal mungkin pikirannya lebih sempit, daripada yang dilakukan oleh orang yang dibencinya itu.

Jadi terpulang kepada anda sendiri. Anda lebih suka berada pada posisi yang mana? Berpikir positif atau negatif? Dua-duanya adalah pilihan, yang dilatarbelakangi oleh pemahaman, kecerdasan dan kualitas spiritualitas, seseorang tentang sesuatu yang dipikirkannya.

Kemayoran : Jumat,18 Nov 2022

KPA