WISUDA

Ki Pandan Alas

Wisuda adalah pengakuan bahwa seseorang telah melakukan banyak hal : usaha yang keras, biaya yang tidak sedikit, semangat yang tidak putus, dan juga menjalani proses sampai akhir. Dan itu semua menjadi legitimasi untuk mendapatkan penghargaan terakhir, yaitu sebuah prosesi wisuda.

Wisuda adalah wujud keberhasilan perjuangan mahasiswa dan orang tua. Mahasiswa harus belajar dengan konsisten, memelihara semangat & energinya, dan kemauan keras untuk menyelesaikan studinya.

Selain itu juga orang tua yang tidak putus berdoa, berusaha menyiapkan biaya, mengarahkan, memberi semangat dan nasehat. Itu semua kemudian mewujud menjadi prosesi wisuda. Wisuda adalah akumulasi dari semua hal tersebut.

Oleh sebab itu wajar, wisuda adalah saatnya selebrasi. Wisuda menjadi titik kulminasi untuk menghargai diri sendiri dan usaha orang lain. Dan sudah tentu adalah atas ridha-NYA pula lah, sehingga dapat menyelesaikan pendidikan yang tidak mudah itu.

PUJI SYUKUR

Puji Syukur yang tak terkatakan, kehadirat Allah Yang Maha Mengabulkan, … atas semua permintaan dan harapan … baik yang terucapkan, maupun yang tak terucap, juga yang hanya tinggal dan tersimpan di batin.

Alhamdulillah setelah usaha yang tidak mengenal sudah, dan atas ridha-NYA; pada hari Sabtu siang 10 September 2022, Akbar Ainur Pamungkas (27) berhasil diwisuda S2 Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba.

Universitas Indonesia menggelar acara wisuda tatap muka pertama sejak pandemi COVID-19 di Kampus Depok dan Salemba. Acara wisuda UI diikuti oleh 8.362 wisudawan, dan 180 diantaranya wisudawan Doktor. Ada 4.079 (49%) wisudawan lulus dengan predikat cumlaude. Dan ada 11 wisudawan yang lulus dengan predikat sempurna, IPK = 4.

Dengan memperhatikan garis di lengan jubah wisuda sebelah kanan, dapat diketahui Stratanya. Yang garisnya satu, berarti S1. Garisnya dua, artinya S2. Dan yang Doktor, di lengannya ada 3 garis.

Di lengan Akbar, sekarang sudah ada dua. Mudah-mudahan pada saatnya, akan ada selebrasi lagi untuk merayakan 3 garis di lengan kanannya. Aamiin …

Akhirnya, semoga Akbar dapat menjalankan sumpahnya sebagai dokter. Dan setelah itu dapat mempraktekkan ilmunya, agar berguna bagi dirinya, keluarga dan masyarakat.  

Sebagai orang tua, masih terus juga melangitkan doa, semoga Allah menjaga, menambah dan memperkuat ilmu & pengetahuannya, sehingga dia mampu berbuat lebih banyak lagi bagi kemaslahatan sesama.

Bismillah …

Kemayoran, 10 Sept 2022

KPA